perbedaan amoxicillin dengan amoxicillin trihydrate

Perbedaan Amoxicillin dan Amoxicillin Trihydrate

Amoxicillin dan Amoxicillin Trihydrate merupakan antibiotik yang termasuk dalam kelompok penicillin, yang digunakan untuk mengobati berbagai infeksi bakteri. Kedua obat ini mirip dalam banyak hal, tetapi memiliki beberapa perbedaan utama. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan dengan lebih rinci perbedaan antara Amoxicillin dan Amoxicillin Trihydrate.

Apa itu Amoxicillin?

Amoxicillin adalah antibiotik yang diresepkan untuk mengobati infeksi bakteri akut. Obat ini dapat digunakan untuk mengobati berbagai infeksi bakteri, termasuk infeksi saluran pernapasan, infeksi telinga, infeksi sinus, infeksi kulit, infeksi gigi, dan infeksi saluran kemih. Amoxicillin dapat didapatkan dalam bentuk tablet, kapsul, suspensi dan bubuk.

Apa itu Amoxicillin Trihydrate?

Amoxicillin Trihydrate adalah bentuk lain dari Amoxicillin. Obat ini termasuk dalam kelompok penicillin, yang digunakan untuk mengobati berbagai infeksi bakteri. Amoxicillin Trihydrate juga tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, suspensi dan bubuk. Amoxicillin Trihydrate memiliki struktur kimia yang sedikit berbeda dari Amoxicillin, tetapi memiliki efek yang sama.

Perbedaan Utama antara Amoxicillin dan Amoxicillin Trihydrate

Struktur Kimia

Amoxicillin adalah amoksisilin, antibiotik yang termasuk dalam kelompok penicillin. Amoksisilin memiliki struktur kimia yang terdiri dari tiga gugus asam (asam klavulanat, asam asetat, dan asam benzoat). Amoxicillin Trihydrate adalah bentuk lain dari amoksisilin yang memiliki dua gugus asam yang sama, tetapi strukturnya berbeda karena memiliki satu gugus asam lain (asam trihidrat).

Efektivitas

Amoxicillin dan Amoxicillin Trihydrate sama-sama efektif untuk mengobati infeksi bakteri akut. Meskipun mereka memiliki struktur kimia yang berbeda, keduanya memiliki efek yang sama pada infeksi bakteri.

Dosis dan Penggunaan

Kedua obat ini dapat diberikan dalam dosis yang berbeda. Amoxicillin tersedia dalam dosis 250 mg, 500 mg, atau 875 mg, sedangkan Amoxicillin Trihydrate tersedia dalam dosis 250 mg, 500 mg, atau 1000 mg. Kedua obat ini dapat diberikan dalam bentuk tablet, kapsul, suspensi atau bubuk.

Efek Samping

Kedua obat ini mungkin memiliki efek samping yang sama. Efek samping yang paling umum adalah mual, muntah, diare, ruam kulit, dan reaksi alergi. Jika Anda mengalami salah satu dari efek samping ini, segera hubungi dokter.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas perbedaan utama antara Amoxicillin dan Amoxicillin Trihydrate. Amoxicillin adalah antibiotik yang diresepkan untuk mengobati infeksi bakteri akut. Amoxicillin Trihydrate adalah bentuk lain dari amoksisilin yang memiliki struktur kimia yang sedikit berbeda. Kedua obat ini sama-sama efektif untuk mengobati infeksi bakteri akut, tetapi tersedia dalam dosis yang berbeda. Efek samping yang paling umum adalah mual, muntah, diare, ruam kulit, dan reaksi alergi.